Kamis, 14 April 2016

APAKAH KOPI TANPA KAFEIN LEBIH BAIK DARIPADA KOPI DENGAN KAFEIN?

Terutama orang luar negeri yang "peduli" terhadap kesehatan, banyak yang memilih kopi tanpa kafein (decaffeinated) dengan alasan kesehatan. Mereka percaya bahwa kopi tanpa kafein lebih sehat daripada kopi yang ada kafein-nya.

--

Kopi decaf: prinsip ekstraksi.
-------------------------------------

Menghilangkan kafein dari kopi melibatkan proses kimiawi, dan banyak yang menggunakan bahwa kimia sintetis. Kafein dihilangkan pada saat biji kopi belum dipanggang.

Ketika kafein dihilangkan, banyak zat lain dari kopi yang hilang, sehingga banyak pembuat kopi decaf menambahkan kembali zat yang hilang ini. Kopi hasil decaf; menurut saya adalah kopi setengah ampas.

Bahan kimia yang digunakan juga banyak yang tidak baik bagi tubuh, bahkan ada juga yang membahayakan.

--

Kopi decaf: enak?
-----------------------

Karena banyak zat yang hilang, maka rasa kopi menjadi "tidak keruan"; buat saya pribadi saya tidak merasa minum kopi.

Dulu sebelum saya punya akses pada kopi baik dan sehat; saya terbiasa minum kopi "merk populer yang banyak diiklan TV" dan kopi instan lainnya, sehingga lambung terganggu, mengalami maag, heart-burn*, dan reflux**.

Saya mencoba untuk membeli kopi decaf, meski mahal. Itu sekali-kalinya saya membeli; dan tak pernah lagi membeli. Dulu pernah beberapa kali minum kopi decaf, tapi beli per-cup, dan ternyata sama saja rasanya. "Bukan kopi" banget.

Akhirnya saya "lebih baik lambung tidak nyaman saja, daripada minum kopi gadungan".

Ketidaknyamanan lambung masih bisa diatasi, yakni dengan minum air putih yang banyak setelah minum kopi, atau jangan minum kopi pada saat lambung kosong; tapi kehilangan kesempatan minum kopi yang rasanya 'normal' tidak bisa digantikan.

--

Kafein: Pihak Tertuduh
--------------------------------

Kopi decaf diminum oleh mereka yang menyalahkan kafein atas ketidaknyaman tubuh; padahal seringkali kafein hanyalah kambing hitam.

Yang menyebabkan kopi bikin tidak nyaman bukan karena kafein, tapi karena memang kopinya tidak bagus; terutama kopi instan, dan umumnya nyaris seluruh kopi yang beredar di supermarket, karena telah mengalami penyimpanan terlalu lama, bisa hingga dua tahun.

Padahal kopi bubuk paling fresh dan paling sehat maksimal adalah sekitar 3 bulan semenjak dipanggang. Lebih dari itu, selain aroma dan rasa berubah, juga akan semakin kurang sehat dan menimbulkan ketidaknyamanan pada tubuh.

Kafein: banyak manfaatnya.
--------------------------------------

Kafein banyak manfaatnya dan merupakan esensinya kopi; dengan kata lain, "Kopi = Kafein", titik. Minum kopi tanpa kafein seperti anda pesan jus lemon yang tak mengandung asam sitrat.

Manfaat kafein diantaranya adalah, meningkatkan daya ingat, mencegah kanker kulit, menyuburkan sperma dan meningkatkan daya ereksi, membakar lemak dsb.

Kesimpulan:

Kopi decaf: tidak enak, mahal, bisa tidak sehat, dan tidak penting.

***

*heart-burn: rasa sesak dan nyeri di dada karena asam berlebih
** reflux, cairan lambung naik ke atas karena kembung dll oleh asam.


 https://scontent-sit4-1.xx.fbcdn.net/hphotos-xaf1/v/t1.0-9/10959618_10153038906617453_7779884506515643079_n.jpg?oh=de283e0f492ff8b155b53265d67a96f1&oe=57B7AA5F

Tidak ada komentar:

Posting Komentar