Kamis, 14 April 2016

KOPI PAKAI GULA ENAK?


Tentu tergantung selera; namun hendaknya dipertimbangkan; bahwa proporsi gula dalam air kopi menempati proporsi yang sangat signifikan, yakni dari sekitar 25% - 40%, bahkan ada juga yang lebih.

Artinya, kualitas gula dalam kopi sangat signifikan pengaruhnya terhadap rasa air kopi secara umum. Juga artinya bahwa: meskipun kopinya berkualitas baik, namun jika gulanya kurang baik maka akan "merusak" rasa kopi.

--

Gula yang bagaimana yang baik; adalah gula yang relatif alami, diantaranya tidak melalui proses 'refining' yang melibatkan beberapa zat kimia untuk memutihkan gula.

Gula yang tak melalui proses refinining adalah gula mentah, atau 'raw sugar'. Gula ini warnanya lebih dekil daripada gula refining yang warnanya putih bersih.

Gula yang lebih baik lagi adalah gula organik; hanya saja di kita gula organik harganya masih relatif mahal. (Tantangan bagi para penanam tebu untuk mulai menggunakan pupuk organik -yang sebetulnya tak mahal jika kita kaya akan kreasi)

---

Gula juga tak hanya gula tebu; kita punya gula aren, gula kelapa dll. Gula mana yang lebih baik, tergantung selera. Namun khususnya untuk gula aren atau gula jawa, banyak yang kualitasnya kurang baik: rasanya agak asam. Gula yang asam plus rasa kopi yang juga berasa asam akan membuat rasa kopi juga agak berantakan.

Gula yang tak baik, tak hanya berpengaruh terhadap rasa, namun juga kesehatan; salah satunya, adalah terhadap lambung.

Jika kopi anda baik, namun lambung anda masih terasa tak nyaman, mungkin pihak tertuduhnya adalah gula grin emotikon

---

Jika anda memiliki gejala diabetes, atau penyakit lain yang mengharuskan anda mengurangi konsumsi gula; ada baiknya untuk meminum kopi tanpa gula. Apakah enak? Jika kopinya baik, dan metoda penyeduhannya terampil, anda akan mendapatkan kopi pahit yang enak -meski tanpa gula.

---

Info oleh: Kopi Bakar SariBhumi
Kopi Baik dan Sehat.
Arabica | Organik | Indonesia | First Grade.
Kopi SariBhumi

https://scontent-sit4-1.xx.fbcdn.net/hphotos-xft1/v/t1.0-9/10857870_10153013209462453_1389765351273026029_n.jpg?oh=e4302f82b0cdca48cffc746b228a5a86&oe=577A93A9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar