Kamis, 14 April 2016

BIKIN KOPI PAKE ATURAN TANPA HARUS REPOT

Ada yang ingin bikin kopi menggunakan aturan tapi terasa ribet. Misal musti mengatur temperatur air tak ada termometer, musti atur berat kopi tak ada timbangan. Mau seduh air dengan pelahan gak ada poci yang memenuhi syarat. Ada yang mau beli alat-alat itu tapi gak tahu di mana, mau cari-cari repot.

Kelebihan menyeduh (brewing) kopi dengan menggunakan aturan adalah air kopi akan lebih terasa seimbang rasanya. Semua elemen rasa kopi relatif lengkap dan pas.

BANYAKNYA KOPI dalam satu cangkir.

Satu cangkir standard ukurannya 220 ml jika diisi hingga nyaris luber.
Jika diisi kopi (metoda tubruk) dan tentunya tak diisi hingga hampir luber, maka kapasitas air satu cangkir jadi sekitar 150 - 160 ml.

Untuk 150 ml, maka berat kopi yang disarankan adalah sekitar 10 gram (kisaran 8 - 14 gram), tergantung selera. Untuk pemula, bisa dicoba dari 10 gram, jika merasa terlalu kental turunkan jadi 8 gram.

10 gram kopi, tanpa harus menggunakan timbangan, adalah sekitar satu sendok makan muncung (namun tidak eksesif atau berlebihan) seperti pada gambar. Jika hendak mengurangi atau melebihkan dari 10 gram, selanjutnya anda bisa kira-kira sendiri.

TEMPERATUR AIR seduhan

Temperatur untuk kopi Arabica yg baik (tidak berlaku untuk kopi "umum pasaran") dengan kematangan panggang medium adalah sekitar 90 derajat C.

Tanpa harus punya termometer, 90 derajat Celcius bisa didapat dari mengisi cangkir dengan air mendidih hingga setinggi di gambar kiri (sekitar 1 cm dari ujung atas cangkir), lalu ditambah air sejuk hingga hampir penuh (gambar kanan). Namun panaskan cangkirnya terlebih dahulu dengan air mendidih, selain supaya steril juga agar cangkir tak menurunkan temperatur air secara drastis.

MENYEDUH PELAHAN

Sebaiknya kopi diseduh dengan pelahan; artinya kucuran airnya tidak besar. Persoalannya adalah, dengan poci biasa, sulit mengatur lelehan air kecil. Jika kecil biasanya air malah meleleh turun sepanjang permukaan mulut poci jatuh ke luar cangkir. Ini sebabnya penggemar kopi punya poci khusus. Namun selain relatif tak mudah dicari, harganya juga cukup mahal. Merk tertentu bisa sekitar satu juta harganya.

Cara mudah menggunakan poci biasa adalah dengan menggunakan sumpit yang ujungnya "tajam". Caranya adalah, lelehkan air kecil ke batang sumpit, maka air akan turun meleleh sepanjang sumpit. Arahkan ujung sumpit ke cangkir yang berisi kopi, seduh pelahan seperti di gambar.

*

Untuk kopi "pasaran", tak harus banyak aturan, rasanya kurang lebih akan begitu-begitu juga
___
 


https://scontent-sit4-1.xx.fbcdn.net/hphotos-xfa1/v/t1.0-9/10955386_10153135944477453_197829925556331282_n.jpg?oh=c82f7ff1fe2ea2379a368ce241ebecad&oe=577F3ECF Info dari: Kopi SariBhumi
Kopi Tidak Pasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar